Proses Pengolahan Nitrogen dan Oksigen dari Udara bebas

Pada pabrik pengolahan oksigen dan nitrogen dengan bahan baku daru udara. Udara kita ketahui terdiri dari 78% nitrogen dan 21% oksigen. sedangkan sisanya adalah gas-gas mulia seperti argon 0,93%, karbondioksida 0,03% dan berbagai gas lain dalam jumlah yang sangat kecil.
Pemisahan Oksigen dengan nitrogen diudara dapat dilakukan dengan proses destilasi bertingkat udara cair. Nitrogen yang mempunyai titik didih yang lebih rendah (-195,8 C) mendidih lebih dahulu dari pada oksigen yang mempunyai titik didih -183 C. proses pencairan udara dilakukan sebagai berikut :
Pertama-tama udara kering difilter untuk dibersihkan dari debu. kemudian udara bersih itu dikompresikan dengan kompresor. pemadatan udara ini menyebabkan suhu udara meningkat kemudian udara yang telah dikompresikan ini didinginkan pada menara pendingin pada tahap ini air dan karbon dioksida sudah beku dan dapat dipisahkan. Setelah melalui menara pendingin udara kemudian diekspansikan kepipa yang lebih besar sehingga suhu akan semakin turun dan sebagian udara akan mencair, sedangkan udara yang belum cair disirkulasikan lagi ke kompresor. udara yang sudah cair kemudian dialirkan ke kolom destilasi untuk dipisahkan antara oksigen dan nitrogen