Hati-Hati Bisa Berbahaya Menaruh Barang Di Bagasi Motor Matic

Sungguh jika kita punya bagasi besar tentu ada kelebihan yang bisa diusung Yamaha Xeon 125, Suzuki Hayate 125 dan Honda Spacy Helm In. Tak hanya sebatas membawa barang bawaan, tapi juga bisa berfungsi menyimpan helm ketika parkir. Jadi, helm gak digondol maling.

Bagasi skubek, cenderung lebih panas ketimbang bebek. Itu karena tempat penyimpanan barang ini tepat berada di atas engine. Yaitu, di atas head atau blok silinder. Beda dengan bebek bagasinya jauh dari atas mesin. So, skubek pasti lebih panas.

Namun tidak sedikit pengendara yang meletakkan barang elektronik atau korek api di bagasi. Padahal, tidak dianjurkan lho. Misalnya, menaruh kamera saku alias pocket di bagasi. Jika diletakkan di tempat yang suhunya terlalu tinggi, berpengaruh pada sensor, lensa dan LCD

 

Dengan suhu cukup tinggi, sensor dan LCD juga lensa akan terganggu fungsinya. Misalnya, menyebabkan embun. Karena seharusnya disimpan di suhu ruang yang berkisar 25 – 26º celcius. apalagi kalau kita menyimpan barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api bisa sangat berbahaya motor bisa-bisa ikut terbakar.

Berdasarkan pengetesan ketika motor matik hanya berjalan 5 menit pertama saja kemudian dilakukan pengecekan suhu. Suhu ruang bagasi Xeon 125 mencapai 36ºC. Hayate 125, juga di 36ºC. Sedang Spacy, satu derajat lebih tinggi alias 37ºC. Bisa bayangkan berapa suhu pada bagasi jika sudah melakukan perjalanan berjam-jam.

Soo hindari menempatkan barang-barang yang mudah terbakar dan barang elektronik di bagasi motor matic anda