Bahaya Rokok Bagi Janin

Rokok berpengaruh terhadap kesehatan istri dan janin meskipun perokok pasif. Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Nasrudin AM SpOG mengatakan, merokok aktif dan pasif  sangat berpengaruh langsung pada kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin ibu terutama pada trimester pertama ini sampai usia kehamilan.selanjutnya

Kualitas udara (oksigen) yang kita hirup secara langsung juga di teruskan ke janin melalui plasenta. Dampak merokok bagi kehamilan di antaranya bayi yang lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan terlalu kecil, bayi yang meninggal sebelum mereka dapat lahir, ini semua adalah konsekuensi yang datang dengan setiap rokok yang Anda hisap pada saat Anda sedang hamil.

Studi menunjukkan bahwa asap rokok memiliki lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk nikotin, karbon monoksida, sianida, timah, dan sekurang-kurangnya 60 senyawa penyebab kanker. akibat asap rokok (zat toksis dari Rokok) adalah abortus, prematuritas, pertumbuhan janin yang terhambat, cacat bawaan, bahkan yang terburuk adalah kematian janin di dalam rahim.