Kewajiban Muslimah Terhadap Tubuhnya

Islam menganjurkan untuk memadukan keindahan jasmani dan keindahan rohani. Kecantikan wajah hanya menyenangkan mata, sedangkan yang bersumber dari dalam menawan hati. Salah satu bukti perlunya penggabungan kedua keindahan itu adalah bahwa Allah SWT memerintahkan manusia untuk tampil indah , misal ketika menghadap Allah di masjid.
Kewajiban menjaga dan merawat kecantikan bagi muslimah tentu saja bukan untuk mengundang fitnah bagi laki-laki, tapi dalam rangka syukur pada Allah. karenanya, dandanan seseorang muslimah perlu dibingkai syariat, baik dalam cara, tempat maupun tujuannya.
Memakai aneka bahan pakaian pun dibenarkan Islam asal menutup aurat, perhiasan mahal atau murah, banyak atau sedikit, ditempat manapun diletakkan sesuai tolak ukur kewajaran dan keindahan diperkenankan juga selama tidak dimaksudkan untuk merangsang lawan jenis.

Menjaga Kecantikan
Saat berdandan, muslimah yang sudah menikah harus pandai memadukan selera pribadinya dan selera suaminya. Namun berarti gadis muslimah yang belum bersuami tidak perlu merawat kecantikannya.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan muslimah dalam merawat kecantikannya :
  1. Perhatikan berat ideal ukhti dengan makan teratur dan olah raga teratur
  2. Perhatikan kesehatan kulit, terutama wajah, membersihkan dengan cara yang wajar dan secukupnya. Upaya mengganti warna kulit termasuk cara yang berlebihan.
  3. Perhatikan hal-hal kecil seperti memotong kuku hingga bersih, membersihkan kebersihan telinga, hidung, kaki dan sebagainya.
  4. Memperhatikan aroma tubuh, bau yang tidak sedap mengganggu penampilan dan pergaulan. Muslimah tidak dilarang menggunakan wewangian selama terjamin tidak tercium oleh orang lain. Wewangian itu hanya untuk mengusir bau tidak sedap bukan untuk mengundang orang lain
  5. Muslimah dapat menambahkan hal-hal lain untuk perawatan kecantikan semisal agar sehat dan tampak segar selama memakai cara-cara yang memenuhi aturan syariat
Menjaga kesehatan tubuhnya
  1. Tidur teratur dan efektif
  2. Makan dengan gizi seimbang dan tidak berlebihan
  3. Olah raga
  4. Tidak berlebih-lebihan dalam beraktifitas
  5. Menjaga kebersihan kulit
  6. menjaga kebersihan pakaian
  7. menjaga kebersihan rambut, mulut, dan gigi
  8. menjaga kerapian penampilan
  9. Larangan menyambung rambut (memakai Wig) " Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang meminta disambungkan rambutnya" (Muttafaqun'Alaih)
  10. Larangan membuat tato, mencukur alis dan merenggangkan gigi