5 Cara Praktis Untuk Memeriksa Mobil Bekas Sebelum dibeli

Jumlah orang yang membeli mobil bekas hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah orang yang membeli mobil baru.

Itulah mengapa banyak orang tertarik untuk membeli mobil bekas karena secara bertahap menjadi tren di industri otomotif.

Namun, tidak berarti bahwa pembeli hanya akan melakukan transaksi saja tanpa melalui prosedur pemilihan yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk mencatat cara untuk memeriksa mobil sebelum penutupan kesepakatan pembelian.

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara memeriksa kondisi mobil bekas yang akan anda beli , berikut adalah beberapa petunjuknya :

1. Lakukan Test drive

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memeriksa kondisi mobil daripada untuk melakukan test drive. Dengan cara ini, pembeli akan dapat mengetahui kondisi yang sebenarnya dari mobil dan bagian-bagiannya seperti rem, pedal gas, dll

Juga, pembeli akan mampu mendeteksi sekaligus jika ada beberapa kerusakan interior, eksterior, fitur-fitur mobil dan bodi yang bergetar pada mobil bekas tersebut,meski test drive hanya perjalanan singkat.

2. Melakukan Inspeksi

Selain dari uji-mengemudi, juga penting bagi pembeli untuk pribadi menyelidiki rincian dari tubuh make-up dan kondisinya.

Dengan cara ini, pembeli akan dapat mengidentifikasi tanda-tanda karat dan kerusakan, kondisi ban, kebocoran minyak, dll

3. Kilometer cek

Biasanya, penggunaan rata-rata standar akan mengkonsumsi 15.000 sampai 20.000 KM dalam setahun. Dengan cara ini, pembeli akan dapat mengetahui perkiraan usia mobil dengan melihat jarak tempuh nya. juga berat tidaknya penggunaan mobil oleh pengguna sebelumnya atau memperkirakan aktivitas mobil sebelumnya

4. Mekanik cek

Cara lain untuk memeriksa kondisi mobil bekas sebelum membeli adalah untuk mencari bantuan montir. Ini mungkin menambah biaya pembeli tapi tidak masalah biaya mekanik untuk mengetahui kondisi mobil sebenarnya menurut ahlinya. Mekanik adalah orang terbaik yang langsung dapat menilai secara teknis dan profesional kondisi mobil tertentu.

5. Laporan Car Fax 

Mengetahui sejarah mobil juga salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi riil mobil. Oleh karena itu, penting bagi pembeli untuk mencari bantuan CarFax laporan untuk mengetahui rincian lengkap tentang sejarah mobil bekas itu.

Mengambil langkah-langkah yang tepat dan penelitian sebelum proses pembelian Anda. Melakukan hal ini akan menjamin pembelian yang tepat.